Akun Twitter Kedubes Inggris Retweet Server KPU Diserang Hacker Bayaran







GELORA.CO - Akun Twitter resmi Kedubes Inggris di Indonesia, @UKinIndonesia me-retweet cuitan sebuah akun yang di dalamnya berisi informasi bahwa server KPU sedang diserang oleh peretas asing.

Kedubes Inggris memberikan penjelasan singkat soal peristiwa tersebut.

"Retweet ini tidak mewakili pandangan Kedubes Inggris terhadap proses Pemilu," bunyi penjelasan Kedutaan Besar Inggris via akun Facebook British Embassy Jakarta pada Kamis (18/4/2019) petang.

"Kami mengapresiasi proses elektoral yg dilakukan oleh KPU. Proses ini disaksikan oleh staf kami di lapangan kemarin. Kami telah mengganti kata sandi pada media sosial kami demi menjaga keamanan," bunyi keterangan lebih lanjut.


Penjelasan serupa juga disebarkan oleh akun Twitter resmi Kedubes Inggris serta Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik.

Kedubes Inggris tak menjelaskan mengapa akun Twitter-nya me-retweet kicauan tersebut, atau siapa yang bertanggung jawab atas tindakan tersebut, atau, jika kata sandi benar diganti, apakah akun-akun media sosialnya telah diretas.

Adapun cuitan yang di-retweet oleh @UKinIndonesia adalah berasal dari akun @MSApunya.

"Server KPU diserang para Hacker bayaran
Tolong bantu para Mujahid digital untuk melindungi server KPU
Mohon doa sohibul fillah, saat ini Tim Cyber 02 lagi perang dgn Hacker bayaran," demikian bunyi cuitan yang di-retweet akun Kedubes Inggris tersebut.


Menuai protes dari netizen, cuitan tersebut kemudian dihapus oleh @UKinIndonesia. (*)

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: