Andi Arief Minta Amien Rais Buka Memori 1999 Dan 2001







GELORA.CO - Politisi Partai Demokrat Andi Arief tidak sependapat dengan pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menyebut demokrasi tanpa oposisi akan kiamat.

"Pak Amien Rais bilang kalau tidak ada oposisi maka kiamat demokrasi. Saya bukakan memori 1999 dan 2001, tanpa oposisi demokrasi tidak fana. Bahkan Pak Amien ikut dalam desain itu," kata Andi lewat akun Twitter @AndiArief__, Senin (16/7).

Pada masa itu, Amien menjabat ketua MPR. Dan pada saat itulah terjadi pergantian presiden dari Abdurrahman Wahid (1999-2001) ke Megawati Soekarnoputri (2001-2004).

Pada masa pemerintahan Gus Dur dan Megawati oposisi tidak terlalu bermakna, karena seluruh potensi kekuatan politik nasional terserap dalam pemerintahan. 

Dijelaskan Andi Arief, sistem unity government yang diterapkan di Indonesia, oposisi itu selalu ada termasuk di dalam pemerintahan.

"Dalam unity government ada oposisi dalam koalisi," pungkasnya.

Amien Rais sebelumnya berharap, tidak semua partai politik bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf. Menurutnya, harus ada oposisi agar ada check and balance dan saling mengontrol. [rmol]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: