Menteri KKP: Ada ABK yang Terlibat Perlawanan Sengit Saat Amankan Kapal Asing








GELORA.CO - Setidaknya ada tiga kapal nelayan asal Vietnam di wilayah Perairan Natuna yang telah diamankan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Bahkan Anak Buah Kapal (ABK) RI yang mengamankan kapal asing Vietnam itu sempat terlibat perlawanan sengit. Karena Edhy akan mengunjungi dan menyambut ABK RI tersebut pada Rabu besok.

"Tanggal 30 Desember kemarin kami sudah menangkap 3 kapal. Sekarang sudah ada di Pontianak," jelas Edhy di Kantor Pusat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (6/1).
 
"Sekarang seharusnya saya ada di sana untuk menyambut para ABK kita. Sempat terjadi perlawanan sengit. Yang pasti, semangat mereka (ABK) berapi-api menjaga kedaulatan," lanjut Edhy.

Mengenai memanasnya konflik Natuna, Edhy mengaku belum memerinci hal tersebut. Ia berharap semua bisa tenang dalam menghadapi konflik tersebut.

"Jangan bicara detail dulu. Ini hubungannya dengan keamanan dan kedaulatan negara. Yang penting, kita tetap cool, tidak terpancing," ulas Edhy.

Edhy mengimbau agar masyarakat tidak terpancing dengan isu kapal asing lalu lalang di perairan Natuna. Pasalnya, selain kapal nelayan, perairan Natuna juga kerap dilintasi oleh kapal-kapal perdagangan dan penumpang.

"Jangan terpancing, jangan terprovokasi. Kita harus cool (tenang) sikapi ini. Yang jelas, kedaulatan di atas segala-galanya. Yang penting, kita semua kompak di seluruh kementerian dan lembaga," tandasnya. (*)

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: