71 Ribu Orang Lebih Terinfeksi Corona Secara Global, 10.844 Pasien Sembuh


GELORA.CO - Jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi di wilayah China daratan dan puluhan negara lainnya masih bertambah. Sudah lebih dari 71 ribu orang terinfeksi virus corona secara global. Sekitar 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh.
Seperti dilansir kantor berita Xinhua News Agency dan media nasional China Global Television Network (CGTN), Senin (17/2/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan ada 2.048 kasus baru di China daratan hingga Minggu (16/2) tengah malam waktu setempat.

Dari jumlah tersebut, sekitar 1.933 kasus di antaranya terkonfirmasi di wilayah Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona.

Secara total, menurut NHC, saat ini ada 70.548 kasus virus corona yang sedang ditangani di wilayah China daratan. Sebagian besar kasus, atau sekitar 58.182 kasus virus corona, terkonfirmasi ada di Provinsi Hubei.

Ditambah dengan sekitar 771 kasus yang dilaporkan dari sedikitnya 26 negara lainnya, seperti dilansir CNN, berarti saat ini total ada 71.319 kasus virus corona yang terkonfirmasi secara global.

Laporan NHC menyebut jumlah kasus baru di luar pusat wabah virus corona mengalami penurunan dalam 13 hari terakhir. Menurut NHC, ada 115 kasus baru yang dilaporkan di luar Provinsi Hubei sepanjang Minggu (16/2) waktu setempat. Jumlah itu menurun drastis dari nyaris 450 kasus baru dalam sehari pada sepekan lalu.

Wuhan, Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah ini (Chinatopix via AP)
Otoritas lokal di berbagai wilayah China daratan telah memperkenalkan serangkaian langkah untuk berupaya menghentikan penyebaran virus corona, termasuk satu aturan di ibu kota Beijing yang mewajibkan orang-orang yang pulang ke kota itu untuk melakukan karantina sendiri (self-quarantine) selama 14 hari.

Seorang juru bicara NHC menyebut penurunan jumlah kasus baru ini menjadi pertanda bahwa wabah virus corona bisa dikendalikan. Namun, Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memperingatkan bahwa 'tidak mungkin untuk memprediksi ke mana arah wabah ini akan berlanjut'.

Sementara itu, data terbaru NHC melaporkan bertambahnya jumlah pasien yang berhasil sembuh di wilayah China daratan. NHC melaporkan ada 1.425 pasien virus corona yang dipulangkan dari rumah sakit pada Minggu (16/2) waktu setempat. Sekitar 1.016 pasien di antaranya dipulangkan dari rumah sakit di Provinsi Hubei.

Dengan demikian, menurut NHC, sejauh ini total 10.844 pasien virus corona telah sembuh dan dipulangkan dari berbagai rumah sakit di wilayah China daratan.

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat virus corona secara global saat ini mencapai 1.775 orang. Sebanyak 1.770 orang meninggal di China daratan dan lima orang lainnya meninggal di Filipina, Hong Kong, Jepang, Prancis dan Taiwan.(dtk)

Tidak ada komentar untuk "71 Ribu Orang Lebih Terinfeksi Corona Secara Global, 10.844 Pasien Sembuh"