AS Tawarkan 100 Juta Dolar AS Pada China Untuk Perangi Virus Corona



GELORA.CO - Amerika Serikat menawarkan bantuan hingga 100 juta dolar AS kepada China dan sejumlah negara lainnya yang terkena dampak untuk memerangi virus corona yang menyebar dengan sangat cepat.

"Komitmen ini, bersama dengan ratusan juta yang disumbangkan dengan murah hati oleh sektor swasta Amerika Serikat menunjukkan kepemimpinan Amerika Serikat yang kuat dalam menanggapi wabah ini," kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan.

"Kami mendorong seluruh dunia untuk mencocokkan komitmen kami. Bekerja bersama, kami dapat memiliki dampak mendalam untuk menahan ancaman yang semakin meningkat ini," sambungnya seperti dimuat Channel News Asia.

Dia menambahkan, Amerika Serikat akan memberikan bantuan baik secara langsung atau melalui organisasi multilateral.  

Pompeo, yang telah sering mengkritik China tentang masalah hak asasi manusia hingga pengeluaran infrastruktur di luar negeri, mengatakan Amerika Serikat akan memberikan bantuan baik secara langsung atau melalui organisasi multilateral.

Selain itu, Pompeo juga mengatakan bahwa Amerika Serikat telah menyumbangkan hampir 17,8 ton pasokan medis ke China termasuk masker, pakaian khusus, kain kasa dan respirator.

Janji bantuan itu muncul setelah China mengkritik tanggapan Amerika Serikat terhadap penyebaran wabah tersebut. China menuding Amerika Serikat telah menyebarkan kepanikan global atas virus corona.

Namun Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Jumat (7/2) memuji respon China atas penanganan virus corona dengan menyebutnya sangat profesional. Hal itu disapaikan Trump dalam panggilan telepon dengan Presiden China Xi Jinping.[rmol]

Tidak ada komentar untuk "AS Tawarkan 100 Juta Dolar AS Pada China Untuk Perangi Virus Corona"