Bacaan Doa Agar Ditambahkan Ilmu







GELORA.CO - Allah Subhanahu wa Ta'ala akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Sehingga sudah semestinya manusia berlomba-lomba untuk menuntut ilmu. Dan Allah adalah sumber segala ilmu. Jika ingin ilmu bertambah, cobalah membaca doa agar ditambahkan ilmu.
Dalam surat Al Mujadilah ayat 11 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :


يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Arab-latin : Yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

Artinya: "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."



Memiliki ilmu yang banyak dan bermanfaat adalah dambaan setiap orang. Untuk menambah ilmu yang bermanfaat harus rajin membaca dan selalu memohon kepada Allah untuk selalu ditambahkannya ilmu.

Dikutip dari buku 'Kumpulan Do'a dari Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Qur'an Kemenag. Berikut Doa Agar Ditambahkan Ilmu.

Doa Agar Ditambahkan Ilmu
فَتَعٰلَى اللّٰهُ الْمَلِكُ الْحَقُّۚ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْاٰنِ مِنْ قَبْلِ اَنْ يُّقْضٰٓى اِلَيْكَ وَحْيُهٗ ۖوَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا - ١١٤

Arab-Latin : fata'aalaa allaahu almaliku alhaqqu walaa ta'jal bialqur-aani min qabli an yuqdaa ilayka wahyuhu waqul rabbi zidnii 'ilmaan

Artinya : Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur'an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku. " (QS. Thaha [20]: 114)

Tafsir : Pada ayat ini Nabi Muhammad membaca dengan cepat dan berulang-ulang agar hapal. Namun, Allah melarang hal tersebut. Ayat ini menegaskan bahwa Allah Yang Mahatinggi, Mahabesar amat Luas Ilmu-Nya yang dengan Ilmu-Nya itu Dia mengatur segala sesuatu dan membuat peraturan-peraturan yang sesuai dengan kepentingan makhluk-Nya, tidak terkecuali peraturan-peraturan untuk keselamatan dan kebahagiaan umat manusia. Dialah yang mengutus para nabi dan para rasul dan menurunkan kitab-kitab suci seperti Zabur, Taurat dan Injil serta Dia pulalah yang menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw. Mengenai hal ini Allah berfirman: Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Kemudian Allah menyuruh Nabi Muhammad saw agar berdoa supaya Dia memberikan kepadanya tambahan ilmu agar mempermuda hapalan surat tersebut.

Bisa juga Doa Agar Ditambahkan Ilmu berikut ini:
اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Arab-Latin : Allahumman-fa'niy bimaa 'allamtaniy wa 'allimiy maa yanfa'uniy, wa zidniy 'ilman

Artinya : "Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku." (HR. at-Tirmidzi:3599, dan Ibnu Majah:251, 3833).

Ada juga Doa Agar Ditambahkan Ilmu seperti ini:
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab-Latin : Allahumma Inniy As-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqon thoyyiban, wa 'amalan mutaqobbalan

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima". (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni).(dtk)

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: