Fakta-fakta di Balik Video Gerobak Jalan Sendiri di RS Gunungkidul


GELORA.CO - Sebuah video yang memperlihatkan gerobak berjalan sendiri di kompleks rumah sakit menyita perhatian netizen. Mengusung #rabuambyar yang masuk trending topik, bagaimana cerita di balik video itu?

Video berdurasi 30 detik yang diunggah oleh @pergusoID memperlihatkan sebuah gerobak yang terparkir di depan sebuah gedung pada siang hari. Gerobak itu lambat laun bergerak sendiri tanpa ada orang yang mendorongnya.

"Pagi #rabuambyar
Terjadi sesuatu yg aneh di salah satu RSUD.
Coba simak gesss"
Demikian tulis akun @pergusoID. Video itu diposting pada Rabu (12/2/2020).

Unggahan itu pun ramai direspons netizen. Setidaknya hingga berita ini ditulis, ada puluhan komentar dan disukai ratusan akun.

Salah satu komentar di postingan tersebut, "Dih kok serem siang2" tulis akun @Neniii88. "Horror.." tulis akun @MegaRizkiSani1.

Komentar lainnya dari akun @sayanugro yang menulis, "Mungkin saat ini para 'lelembut' sudah mulai menerapkan nilai2 emasipasi, jadi mereka ini bukan lagi malam kalau eksis, siang pun di-oke-in aja."

Yuk kita simak fakta-fakta di balik kemunculan video yang membuat geger netizen itu.

1. Video Diambil di RSUD Wonosari
"Ini baru kami telusuri, tapi itu kejadiannya di gudang limbah B3," ujar Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Wonosari, Sumartono kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Dia mengatakan gerobak yang terekam berjalan sendiri itu, lanjut Sumartono berfungsi untuk mengangkut sampah medis. Saat bergerak dan terekam kamera, gerobak tersebut itu dalam kondisi kosong.

"Gerobak itu untuk mengambil sampah medis dari ruangan-ruangan. Pas itu gerobak di standby dalam kondisi kosong," jelasnya.

2. Bukan Hal Gaib
Posting-an video gerobak jalan sendiri di RSUD Wonosari, Gunungkidul mengusung #rabuambyar dan ramai dibahas netizen. Pihak rumah sakit angkat bicara terkait video tersebut.

"Bukan hal gaib kalau yang gerobak," ujar Sumartono.

Dia mengaku baru mengetahui video gerobak bergerak itu dari pesan berantai. Sebab, menurutnya video rekaman CCTV itu seharusnya bukan untuk konsumsi publik.

"Terkait ada video ini saya tahu dari pesan berantai. Setelah itu baru saya telusuri," kata Sumartono.

3. Pilih Penjelasan Secara Ilmiah
Video gerobak jalan sendiri di RSUD Wonosari, Gunungkidul ramai diperbincangkan di media sosial. Pihak rumah sakit mengungkap dugaan penyebab gerobak itu bisa jalan sendiri.

"Ini penjelasan secara ilmiah. Itu siang hari dan saat itu ada orangnya. Ada banyak kemungkinan angin atau ada istilahnya ada lemparan batu atau gimana. Tapi emang gerobak itu ban depannya mudah bergerak berputar," ujar Kepala Instalasi dan Sanitasi RSUD Wonosari, Priyatno Budiharto kepada wartawan, Rabu (12/2/2019).

Meski begitu, Priyanto tidak mengetahui secara persis posisi awal dan akhir gerobak tersebut. Sebab, jika melihat posisi jalan di video tersebut, posisi jalan agak miring.

"Saya nggak tahu posisinya seperti apa. Kejadian juga tidak tahu persisnya kapan. Kebetulan bidang tanahnya juga miring. Benar di RSUD (Wonosari)," ungkapnya.

4. Selain Video Gerobak Jalan Sendiri, Ada Video Pintu yang Terbuka-Menutup Secara Misterius
Selain video gerobak jalan sendiri, ada juga video pintu yang terbuka kencang-menutup lalu terbuka lagi. Video itu di-posting oleh akun Twitter @aldilananda_. Berdurasi singkat yakni 45 detik, video itu diunggah pada Selasa (11/2) pukul 20.40 WiB.

"Anak indihome apa yang klean liat dari vidio ini? Tante ku tbtb ngirim ku kira apaan
Lokasi: pintu gerbang utara bangsal dahlia RSUD Wonosari."
Begitu kalimat yang ditulis akun tersebut seperti yang dilihat detikcom, Rabu (12/2/2020).

"Fyi bangsal dahlia di rsud wonosari itu pojok utara terus hadapan sama kamar mayat."

"Setelah kejadian itu terekam cctv, pak satpam langsung cek tapi pintunya masih posisi di gembok dan ga mungkin manusia jam segitu mainan pintu," pungkasnya.

Kepala Instalasi dan Sanitasi RSUD Wonosari Priyanto membenarkan peristiwa yang terekam dalam video itu terjadi di kawasan RSUD Wonosari.

"Mulai ramainya hari ini. Benar di RSUD (Wonosari)," Kepala Instalasi dan Sanitasi RSUD Wonosari, Priyatno Budiharto kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Priyatno menuturkan tidak tahu menahu soal video gerbang yang bergerak sendiri. "Kalau pintu gerbang tidak tahu (penjelasannya)," katanya.

5. Akan Lacak Pelaku Penyebar Video
Setelah ramai video gerobak jalan sendiri, ada video pintu gerbang terbuka secara misterius yang terekam di RSUD Wonosari, Gunungkidul. RS Wonosari, Gunungkidul bakal melacak penyebar dua video rekaman CCTV rumah sakit ini.

"Terkait ada video ini saya tahu dari pesan berantai. Setelah itu baru saya telusuri, termasuk yang menyebarkan juga akan kami usut. Sebab CCTV kan untuk pengawasan bukan konsumsi publik," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Wonosari, Sumartono kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Sumartono menuturkan peristiwa gerobak jalan sendiri dan pintu gerbang yang terbuka kencang-menutup, lalu terbuka lagi ini memang ada di wilayah rumah sakitnya. Peristiwa gerobak jalan sendiri itu terjadi di area gudang limbah B3.

"Ini baru kami telusuri, tapi itu kejadiannya di gudang limbah B3. Bukan hal gaib kalau yang gerobak," tuturnya.(dtk)

Tidak ada komentar untuk "Fakta-fakta di Balik Video Gerobak Jalan Sendiri di RS Gunungkidul"