Gerindra soal Ahok Lebih Jago Atasi Banjir: Nyaris Berhasil Jatuhkan Anies


GELORA.CO - Fraksi Gerindra DPRD DKI menganggap hasil survei Indo Barometer yang menyatakan penanganan banjir era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lebih baik dari Anies Baswedan hanya persepsi publik. Fraksi Gerindra menilai hasil itu tidak bisa dijadikan pedoman karena menurutnya bukan berdasarkan data.
"Survei itu kan persepsi karena itu tidak bisa dipegang jadi pedoman. Karena dari data-data yang ada sesungguhnya penanganan banjir di era Pak Anies itu lebih baik dibandingkan pimpinan sebelumnya. Data-data yang mengatakan seperti itu," kata anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Syarif menganggap survei itu hanyalah bentuk opini untuk menjatuhkan nilai Anies di masyarakat. Opini yang menurutnya dibangun oleh dari pihak yang kontra terhadap Anies.

"Tapi kemudian persepsi publik itu kan dibangun karena ada opini yang dibangun sebelumnya. Saya bisa mengatakan nyaris berhasil opini downgrade kepada Anies nyaris berhasil," ujarnya.

"Opini buruk yang dibangun oleh kelompok-kelompok yang dibangun oleh penentang Anies saya nyatakan nyaris berhasil," lanjut Syarif.

Meski begitu, dia menghormati hasil survei tersebut. Bagaimanapun, kata Syarif, masyarakat berhak memberikan penilaian terhadap kinerja Anies.

"Terima kasih yang sudah motret persepsi publik terhadap kinerja Anies soal banjir, saya sebagai pendukung apresiasi, menghargai, menghormati hasil survei itu. Terima kasih bahwa ini bagian dari keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi salah satunya menilai," tuturnya.

Sebelumnya, Indo Barometer merilis hasil survei mereka terkait pemimpin daerah yang dinilai cakap mengatasi banjir. Nama mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) keluar sebagai pemimpin daerah paling berhasil mengatasi banjir Jakarta. Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan berada di peringkat kedua dan ketiga.

Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut ini hasil survei Indo Barometer soal permasalahan Jakarta:

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir:
1. Basuki Tjahaja Purnama (42 persen)
2. Joko Widodo (25 persen)
3. Anies Baswedan (4,1 persen)(dtk)