Gojek Dikabarkan Beli Saham Blue Bird Senilai Rp 450 Miliar



GELORA.CO - Perusahaan ojek daring Gojek, membeli saham perusahaan taxi Blue Bird senilai 30 juta dollar AS atau setara dengan Rp 450 miliar (asumsi Rp 14.000 per dollar AS).

Melansir Bloomberg, Rabu (19/2/2020), sumber terpercaya perusahaan mengatakan, Gojek membeli 4,3 persen saham Blue Bird dari perusahaan induknya, PT Pusaka Citra Djokosoetono.

PT Pusaka Citra diketahui sebelumnya menjual lebih dari 108 juta saham Blue Bird dengan harga 3.800 rupiah per saham. Hal ini diketahui dalam pengajuan perusahaan di BEI pada 14 Februari 2020 tanpa mengidentifikasi pembeli.

Kesepakatan itu mengkonfirmasi laporan sebelumnya, dimana Gojek memang berusaha mengembangkan bisnisnya, salah satunya rencana adalah dengan membeli saham Blue Bird.

Sebelumnya, Gojek dan Blue Bird sudah bekerja sama. Dalam kesepakatan kemitraan, Gojek menyediakan fasilitas pemesanan untuk taksi Blue Bird pada aplikasinya.

Keputusan membeli saham Blue Bird, diambil karena perusahaan menghadapi persaingan yang semakin ketat dari Grab Holdings Inc dan juga pengembangan bisnis ke bidang-bidang seperti pengiriman makanan dan pembayaran digital.

Saham Blue Bird diperdagangkan pada 2.340 rupiah pada hari Senin, turun 2.9 persen dibanding penutupan pekan lalu.

Hingga berita diturunkan, baik pihak Gojek maupun Blue Bird masih belum berkomentar.[kc]

Tidak ada komentar untuk "Gojek Dikabarkan Beli Saham Blue Bird Senilai Rp 450 Miliar"