Ilmuwan Bertaruh Alien Hidup di Bulan Planet Jupiter, Europa



GELORA.CO - Dalam film fiksi ilmiah 2013 "Europa Report", kru penjelajah ruang angkasa di masa depan menemukan makhluk aneh seperti cumi-cumi yang bersembunyi di perairan dingin di bawah cangkang es dingin di bulan Jupiter, Europa.

Seorang ilmuwan ruang angkasa terkemuka kini mengatakan bahwa kita pasti harus mencukur kata "fiksi" dari cara kita mengklasifikasikan kisah ini.

"Ketika datang ke prospek kehidupan di luar Bumi, hampir pasti kepastian bahwa ada kehidupan di bawah es di Eropa," kata Monica Grady, seorang profesor ilmu planet dan ruang angkasa dan kanselir terbaru di Liverpool Hope University di Inggris.

"Di tempat lain, jika akan ada kehidupan di Mars, itu akan berada di bawah permukaan planet ... Di sana Anda terlindung dari radiasi matahari. Dan itu berarti ada kemungkinan es tersisa di pori-pori batu, yang bisa bertindak sebagai sumber air. "

Ia mengatakan Mars memang menarik, tapi ia menyebut Europa sebagai lokasi yang paling ramah terhadap alien di tata surya.

"Kurasa kita punya peluang lebih baik untuk memiliki bentuk kehidupan yang sedikit lebih tinggi di Europa, mungkin mirip dengan kecerdasan gurita."

Pengamatan bulan bola salju Europa menunjukkan bahwa air di bawah permukaannya asin dan mungkin dipanaskan oleh ventilasi hidrotermal, menghasilkan campuran kondisi kehidupan yang baik untuk berkembang.

Ada rencana untuk mengirim misi NASA, dijuluki Europa Clipper, untuk mencari kehidupan di satelit beku itu. Dan tentu saja, ada banyak pembicaraan tentang penyelidikan lebih lanjut Mars, di mana kami telah mendaratkan beberapa penjelajah dan dapat segera menetapkan jejak kaki pertama kami.

Tapi Grady tidak bertaruh di Planet Merah (Mars) sebagai rumah bagi kehidupan yang sangat kompleks.

"Jika ada sesuatu di Mars, kemungkinannya sangat kecil - bakteri," katanya. "Saya cukup yakin kita semua ada pada tingkat kecerdasan kita dalam sistem planet ini." (Forbes)

Tidak ada komentar untuk "Ilmuwan Bertaruh Alien Hidup di Bulan Planet Jupiter, Europa"