KTT ASEAN di AS Ditunda, Bagaimana Nasib Pesawat yang Disewa Jokowi?


GELORA.CO - Amerika Serikat (AS) menunda pertemuan dengan pemimpin-pemimpin negara ASEAN yang dijadwalkan berlangsung di Las Vegas bulan depan. Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyewa pesawat untuk lawatannya ke AS. Bagaimana nasib pesawat sewaan tersebut?
"Perkara nanti kalau benar ditunda ASEAN Summit itu nggak ada masalah. Toh ini kan pesawat Garuda, which is Garuda itu BUMN," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian Komunikasi Politik, Donny Gahral, saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Donny mengatakan penundaan KTT ASEAN di Las Vegas itu tak berpengaruh dengan penyewaan pesawat jenis Boeing 777-300 ER. Sebab, kata dia, Istana menyewa pesawat tersebut dari Garuda Indonesia.

"Jadi tidak ada pemerintah terlanjur membayar itu sebernanya tidak ada masalah, bisa saja ditunda untuk next summit kalau bener ini masih belum 100 persen," ujarnya.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) menunda pertemuan dengan pemimpin-pemimpin negara ASEAN yang dijadwalkan berlangsung di Las Vegas bulan depan. Penundaan itu dilakukan karena kekhawatiran akan virus corona yang merajalela.

"Ketika komunitas internasional bekerja sama untuk mengalahkan virus corona baru, Amerika Serikat, dalam konsultasi dengan mitra ASEAN, telah membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata pejabat senior administrasi yang enggan disebutkan namanya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (29/2).

Seperti diketahui, para pemimpin negara dari ASEAN dijadwalkan akan dituanrumahi oleh Presiden Donald Trump pada 14 Maret 2020 mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu kepala negara yang akan ikut menghadiri ASEAN-US Special Summit tersebut.

Jokowi bahkan telah menyewa pesawat jenis Boeing 777-300 ER untuk kunjungan ke AS itu. Efisiensi menjadi alasan Jokowi menyewa pesawat jenis Boeing 777-300 ER dari Garuda Indonesia. Sebab pesawat kepresidenan Boeing Bussiness Jet (BBJ) lebih sering transit untuk mengisi bahan bakar jika terbang ke AS.(dtk)

Tidak ada komentar untuk "KTT ASEAN di AS Ditunda, Bagaimana Nasib Pesawat yang Disewa Jokowi?"