Pengamat: Anies Lebih Baik Karena Jokowi Belum Berbuat Banyak



GELORA.CO - Penanganan banjir yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai lebih baik dibanding saat Presiden Joko Widodo masih memimpin ibukota.

Pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa banjir merupakan siklus alam yang memerlukan penangan politik ekologi yang ekstrem. Pemimpin, sambungnya, tidak boleh lantas berdiam diri dalam menghadapi siklus tersebut.

“Nah, Jakarta memerlukan politik ekologi yang ekstrem, tidak bisa setengah hati," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/2).

Dengan kata lain, penanganan masalah banjir DKI era Anies Baswedan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Joko Widodo. Sebab, Anies Baswedan tidak setengah hati dalam bekerja.

“Jadi membandingkan Anies dengan Jokowi mudah sekali. Jelas Anies jauh lebih baik karena Jokowi belum sempat berbuat banyak selama memimpin Jakarta," jelas Dedi.

Apalagi, kata Dedi, janji Jokowi yang menyatakan mampu menangani persoalan banjir di DKI jika menjadi presiden pun juga tak kunjung terealisasi.

"Bahkan saat menjadi presiden sekalipun, rasanya tidak ada ide dan aktivitas menyudahi bencana banjir secara sistematis," kata Dedi.[rmol]