Pengamat: Wajar Banyak Yang Mau Jegal, Anies Kan Paling Potensial Di 2024



GELORA.CO - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan merupakan figur yang paling potensial di Pilpres 2024 mendatang. Setidaknya hal itu terekam dari hasil survei Indobarometer yang menempatkan mantan Mendikbud tersebut sebagai calon terkuat pilpres untuk kategori kepala daerah.

Atas alasan itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai wajar jika kemudian banyak pihak yang mau menjegal Anies Baswedan.

"Karena Anies potensial di 2024, itulah harus dijegal dulu," katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/2).

Dia pun menganggap wajar jika Sekjen PSI Raja Juliantoni turut berupaya dalam penjegalan tersebut dan mengajak masyarakat ikut serta.

“Biasa itu,” sambungnya.

Hanya saja, dia menekankan agar yang jadi bahwan penjegalan bukan personal. Melainkan kebijakan yang diambil Anies sebagai kepala daerah.

Dalam hal ini, dia mengomentari ajakan Raja Juliantoni yang menyebut calon yang fokus pada populisme agama. Calon yang dimaksud menjurus pada Anies Baswedan, yang sejak Pilkada DKI 2017 terus dikritik PSI. Di mana PSI merupakan bagian dari kelompok pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Jadi harusnya PSI kritik kebijakan Anies. Kalau kritik ke personal itu bisa masuk kategori sentimen dan tidak suka pada Anies," demikian Ujang Komarudin. [rmol]