Survei Ahok Lebih Tinggi dari Anies, Wakil Ketua DPRD DKI: Opini Publik


GELORA.CO - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri kurang sepakat dengan hasil survei Indo Barometer yang menyebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lebih baik mengatasi banjir dibanding Gubernur Anies Baswedan. Menurutnya, survei kurang tepat untuk melihat masalah banjir.

"Survei adalah kegiatan ilmiah, ada pertanggung jawaban ilmiah, jadi bukan perkara setuju atau nggak setuju. Cuma dalam pikiran saya kurang pas saja kalau variabel penanganan banjir pendekatannya opini publik," ucap Misan saat dihubungi, Minggu (16/2/2020).

Menurutnya untuk menentukan kemampuan dalam mengatasi banjir, lebih baik dilakukan dengan penelitian lapangan. Sehingga bisa dibandingkan secara ilmiah dari satu masa ke masa lainnya.

Lebih pas dengan observasi lapangan semisal berapa jumlah debit air, wilayah terdampak banjir, durasi genangan, dan lain sebagainya," kata politikus Partai Demokrat itu.

Bagi Misan, Gubernur Anies Baswedan telah menangani banjir secara optimal. Anies disebut Misan, tidak lepas tangan saat banjir melanda Jakarta pada awal tahun ini.

"Bagi saya, Pak Anies beserta jajaran sudah baik dalam menangani banjir, bertanggungjawab, peduli dan sangat manusiawi," ucap Misan.

Sebelumnya Indo Barometer merilis hasil survei mereka terkait pemimpin daerah yang dinilai cakap mengatasi banjir. Nama mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) keluar sebagai pemimpin daerah paling berhasil mengatasi banjir Jakarta. Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan berada di peringkat kedua dan ketiga.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut hasil survei Indo Barometer soal permasalahan Jakarta:

Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir:
1. Basuki Tjahaja Purnama (42%)
2. Joko Widodo (25%)
3. Anies Baswedan (4,1%).(dtk)