Taiwan Kirim Jet Tempur Usir Militer China Di Selat Perbatasan



GELORA.CO - Angkatan Udara Taiwan kembali mengerahkan jet tempur untuk mencegat pesawat China yang mendekati pulau itu pada Senin (10/2). Sebelumnya, dilaporkan beberapa pesawat militer China melintasi wilayah udara Taiwan.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pesawat pengebom China H-6 dan pesawat yang mendampinginya sempat melintasi garis tengah di Selat Taiwan secara singkat.

"Jet-jet china, mendampingi bomber H-6, melintasi garis tengah tak resmi di Selat Taiwan sehingga Angkatan Udara segera mencegat dan memberikan peringatan lisan untuk pergi," isi pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan, pada Senin (10/2).

"Pesawat itu kembali ke wilayah udara China, setelah sejumlah jet tempur kami mengambil langkah responsif dan langkah pencegatan yang tepat hingga memberikan peringatan untuk pergi," kata Kemhan Taiwan, dalam pernyataannya, seperti dituliskan AFP, Senin (10/2).

Meski begitu, Kemhan Taiwan tak menyebutkan berapa jumlah pesawat militer China yang melintasi wilayahnya.

Ini adalah kedua kalinya jet tempur China melintasi garis tengah Selat Taiwan yang membagi daratan China dengan Taipei. Pada Maret 2019 lalu, dua jet tempur J-11 China melintasi garis tengah Selat Taiwan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Atas peristiwa itu, Taipei menyatakan Beijing melanggar perjanjian dan pro provokatif.

Ketegangan antara Taiwan dan China berlanjut. China sering menggelar operasi terbang yang disebut latihan "keliling pulau" sejak 2016, sejak Tsai menjabat. Hubungan Taiwan-China merenggang sebab presiden pro-demokrasi itu berkeras menolak bersatu dengan China. Sementara itu, China menganggap Taiwan sebagai wilayah kedaulatan mereka.[rmol]

Tidak ada komentar untuk "Taiwan Kirim Jet Tempur Usir Militer China Di Selat Perbatasan"