Tugas Kepala BPIP Yang Baru, Membumikan Pancasila Pada 129 Juta Generasi Muda



GELORA.CO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2).

Yudian menggantikan Yudi Latif yang mundur sebagai kepala BPIP pada awal Juni 2018. Setelah Yudi mundur, posisi tersebut sementara diisi oleh Wakil Kepala BPIP Hariyono yang menjabat sebagai pelaksana tugas.

Pengangkatan kepala BPIP tertuang pada Keputusan Presiden 12/P/2020 tentang Pengangkatan kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Keppres pengangkatan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama.

Dengan menjadi kepala BPIP Yudian Wahyudi diberikan hak keuangan dan lainnya setingkat menteri.

Di saat bersamaan Presiden juga melantik Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Muhammad Yusuf Ateh dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia 29/TPA /2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Keppres pengangkatan tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet Farid Utomo.

Jokowi berharap Yudian bisa bergerak lebih cepat dalam membumikan Pancasila terutama kepada kaum muda. Target utama pembumian Pancasila adalah sejumlah 129 juta generasi muda yang berada di bawah umur 39 tahun.

“Kira-kira 129 juta yang itu adalah anak-anak muda di bawah 39 tahun yang memerlukan sebuah injeksi tentang terutama Pancasila dalam keseharian. Kita harapkan dengan diangkatnya Prof. Yudian, itu bisa lebih dipercepat lagi,” kata Jokowi.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala BPIP, Yudian akan berkoordinasi dengan Dewan Pengarah BPIP yang diketuai Megawati Soekarnoputri.

Nampak hadir dalam pelantikan tersebut adalah Wapres Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkum dan HAM Yasonna Laoly, Menag Fachrul Razi, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Hadir pula Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Try Soetrisno.[rmol]

Tidak ada komentar untuk "Tugas Kepala BPIP Yang Baru, Membumikan Pancasila Pada 129 Juta Generasi Muda"