DULU Tolak Bantuan Singapura, Sekarang Akhirnya Meminta Bantuan Singapura Mengatasi Corona


KONTENISLAM.COM - Kata orang, penyesalan selalu datang belakangan. Yang di depan itu pendaftaran...

Menkes Terawan Disebut Sempat Tolak Alat Uji Corona dari Singapura

 Pengadaan alat pengujian virus corona menjadi salah satu masalah di Indonesia. Padahal, perusahaan Singapura Temasek Foundation sudah menawarkan alat tersebut melalui Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya sejak medio Februari lalu.

 "Mereka menawarkan melalui kedutaan," ujar Swajaya mengkonfirmasi pada Jumat, 13 Maret lalu, dikutip dari Majalah Tempo edisi Senin, 16 Maret 2020.

 Penawaran alat uji itu disampaikan melalui surat oleh Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong kepada Ngurah Swajaya. Isi surat itu menginformasikan alat pendeteksi Covid-19 bernama VereCoV Detection Kit.

 Dalam satu kali pengujian, alat tersebut diklaim bisa mendeteksi dan mengidentifikasi Covid-19 serta membedakannya dengan virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Hasilnya pun terlihat dalam dua setengah jam.

 Sebulan setelah surat itu keluar, pemerintah tak kunjung merespons tawaran tersebut. Indonesia merasa "baik-baik saja", bahkan saat itu mengklaim satu-satunya negara besar di Asia yang tak terkena corona.

 "Yang ingin saya katakan bahwa sampai saat ini Indonesia itu adalah satu-satunya negara besar di Asia yang tidak punya kasus corona. Virus corona itu tuh ndak ada di Indonesia," kata Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

 Menteri-menterinya pun wabah corona cuma jadi candaan, dari mulai kebal karena nasi kucing, sampai menghalau corona dengan goyang tik tok tari ubur-ubur.


NAMUN... AKHIRNYA pada 2 Maret lalu, Presiden Jokowi mengumumkan dua orang positif corona.

 SEJAK ITU... jumlah yang terkena corona berlipat, hingga per 16 Maret jumlahnya mencapai 134 orang.

 "Baru" 134 saja Indonesia sudah kewalahan, beberapa calon pasien corona cerita buruknya pelayanan. Termasuk para wartawan kemarin pada komplain.

 KINI.. Presiden Jokowi akhirnya membuka pintu pertolongan kepada Singapura...

Indonesia open to help from Singapore to fight coronavirus outbreak: President Joko

 Indonesia terbuka untuk menerima bantuan dari Singapura dalam perjuangannya melawan virus corona, kata Presiden Joko Widodo, Senin (16 Maret).

 Berbicara kepada wartawan di Istana Negara di Bogor, Bapak Joko mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tentang bantuan tersebut, tetapi tidak merinci bantuan seperti apa dan jumlah yang akan diberikan.

 "Saya berbicara dengan PM Lee minggu lalu di telepon. Singapura ingin membantu kami dengan banyak bantuan," katanya, seperti dilansir media Singapura The Straits Times.

https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/indonesia-open-to-help-from-singapore-to-fight-coronavirus-outbreak-president-jokowi

Tidak ada komentar untuk "DULU Tolak Bantuan Singapura, Sekarang Akhirnya Meminta Bantuan Singapura Mengatasi Corona"