Gegara Corona, AS-China Kembali Kerja Sama

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping

KONTENISLAM.COM - Tak ada sekat antara China dan Amerika Serikat (AS). Keduanya kini bersatu melawan virus Corona yang menjadi pandemi di beberapa negara dunia.

Kerjasama keduanya terjalin setelah Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump melakukan komunikasi via telepon. Percakapan telepon itu dilakukan setelah China dan AS saling perang kata-kata terkait virus Corona dalam beberapa pekan terakhir.

Trump melalui akun Instragramnya menceritakan percakapan singkat keduanya. Dia mengaku terlibat obrolan baik dengan Xi hingga akhirnya keduanya sepakat perangi Corona.

"Baru saja menyelesaikan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China. Membahas sangat detail soal virus Corona yang merusak sebagian besar planet kita," tulis Trump via akun Twitter-nya, @realDonaldTrump.

"China telah melalui banyak hal dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus (Corona). Kita bekerja bersama secara erat. Banyak hormat," imbuh Trump.

Hal positif juga diutarakan Presiden Xi, menurut laporan media nasional China menyebutkan bahwa Xi mengungkapkan harapannya kepada Trump agar AS mengambil langkah substantif untuk meningkatkan hubungan China-AS.

Xi juga menyerukan agar China dan AS bekerja bersama dalam menangkal virus Corona. "Beijing berharap untuk terus berbagi semua informasi dan pengalaman dengan AS," demikian sebut televisi nasional China, CCTV.

"Penyakit menular merupakan musuh umum bagi umat manusia dan tidak mengenal perbatasan atau ras," kata Xi.

Xi juga mengatakan sejumlah provinsi, kota dan perusahaan di China telah memberikan pasokan medis dan dukungan bagi AS. Ini diharapkan bisa membantu AS memerangi wabah virus Corona. [detik]

Tidak ada komentar untuk "Gegara Corona, AS-China Kembali Kerja Sama"