Hadapi Wabah Virus Corona Perlu Tindakan Social Distancing, Apa Itu?


GELORA.CO - Ramai pembahasan mengenai perlunya social distancing sebagai tindakan pengendalian infeksi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Dokter Nafsiah Mboi SpA, MPH, alumni Harvard T.H. Chan School of Public Health dan mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, saat ini perlu dilakukan social distancing atau menjaga jarak sosial dan larangan perjalanan (travel ban).

Untuk social distancing, menurutnya, harus dilakukan dengan melibatkan pemerintah daerah, mulai dari dinas kesehatan setempat hingga puskesmas. Tujuannya untuk mensosialisasikan mengenai pencegahan virus corona hingga ke akar rumput.

"Kalau masyarakat sudah mengerti apa yang harus dia lakukan sampai ke akar rumput, saya kira itu akan banyak sekali dampaknya. Sebelum lock down dan sebagainya," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (15/3).

Sama seperti Nafsah, dokter Panji Hadisoemarto, M.P.H, dosen Departemen Kesehatan Publik dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran mengatakan, saat ini  yang lebih penting dilakukan adalah social distancing atau menjaga jarak sosial, dibanding lock down.

"Saya tidak bisa menjawab dengan pasti (kapan harus dilakukan social distancing), tapi satu jawaban tentatif yang selalu saya berikan adalah 'The sooner the better' (semakin cepat semakin baik)," ujar lulusan Harvard T.H.Chan School of Public Health ini dalam sebuah tulisan. 

Panji menyebut, saat ini adalah masa yang penuh ketidakpastian.

"Kita tidak punya data, sebuas apa virus ini di indonesia. Tapi kalau kita lihat apa yang sudah terjadi di negara-negara lain, China, Italia, Jerman dan negara-negara lain; kita bisa cukup percaya diri menyimpulkan (bahwa) Indonesia tidak akan terlalu berbeda,"  katanya.

Social distancing sendiri memiliki skala yang luas. Bisa dilakukan secara pribadi dengan menghindari keramaian atau orang yang sedang sakit, atau dilakukan oleh pemerintah dan otoritas dengan memberlakukan kebijakan untuk tidak ke kantor dan berkerumun

Ahli epidemiologi UC San Francisco Jeff Martin, MD, MPH, dalam tulisannya menjelaskan, social distancing adalah kunci hidup untuk beberapa waktu ke depan. Dia menganjurkan untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain untuk menghindari penangkapan virus dan untuk menghindari menularkannya.

Social distancing juga meliputi tindakan pencegahan lingkungan seperti mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh yang mungkin menularkan virus, kata Martin.

Bagi orang muda, pergi ke restoran atau gym tidak masalah. Asal, bersihkan permukaan alat yang dipakai (baik alat makan dan peralatan gym) dengan disinfektan,’ kata Martin. (Rmol)

Tidak ada komentar untuk "Hadapi Wabah Virus Corona Perlu Tindakan Social Distancing, Apa Itu?"