Imbas Corona, Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Persiapan Haji


KONTENISLAM.COM - Arab Saudi meminta umat Islam untuk menunda sementara persiapan haji. Pandemi virus corona di Arab Saudi menimbulkan pertanyaan baru apakah ibadah haji dapat dilaksanakan tahun ini.

 Menteri Urusan Haji Arab Saudi, Muhammad Sholih Benten (محمد صالح بن طاهر بنتن) mengatakan masih belum pasti apakah ibadah haji tahun ini dapat terlaksana, yaitu pada akhir Juli. Sebab dalam keadaan saat ini, yang paling penting adalah memastikan kesehatan dan keselamatan warga negara, khususnya umat Islam di seluruh dunia.

 "Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani peziarah dan jemaah umrah," kata Mohammad Benten saat wawancara dengan stasiun TV pemerintah Al-Ekhbariya, Selasa (31/3/2020).

 "Namun dalam keadaan seperti ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global. Kerajaan lebih mementingkan untuk melindungi kesehatan umat Muslim dan warga negara, sehingga kami meminta saudara-saudara umat Muslim di seluruh dunia untuk menunggu sampai situasinya jelas," lanjutnya lagi.

 Sebelumnya, Arab Saudi telah menangguhkan ibadah umrah sebagai langkah antisipasi penularan virus corona. Sementara pada awal bulan ini, Arab Saudi menghentikan ibadah salat di masjid-masjid. Warga diminta untuk beribadah dari rumah.

 Arab Saudi juga menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi corona. Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan 1.563 orang terinfeksi dan 10 orang tewas akibat corona.

 Membatalkan haji akan menjadi hal yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern, tetapi membatasi kehadiran dari daerah berisiko tinggi telah terjadi sebelumnya, termasuk dalam beberapa tahun terakhir selama wabah Ebola.

 [Simak selengkapnya penjelasan Menteri Urusan Haji-Umrah Saudi]

Tidak ada komentar untuk "Imbas Corona, Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Persiapan Haji"