Negara-negara Di Asia Ini Ada Yang Lakukan Lockdown Ada Yang Hanya Social Distancing



KONTENISLAM.COM - F‎ilipina menjadi negara pertama yang mengambil tindakan lockdown di negaranya. Upaya itu dilakukan karena penerapan physical (social) distancing tidak efektif.
 
Pada awal penanganan kasus, Filipina memberlakukan social distancing dan jam malam. Sayangnya, cara itu tidak efektif karena warga masih saja membentuk keramaian sehingga pemerintah merasa harus melakukan upaya lockdown.

Selain Filipina, Malaysia menjadi negara Asia Tenggara lainnya yang menerapkan mekanisme menyerupai lockdown. Lewat Perintah Kawalan Gerakan, pemerintah Malaysia membatasi pergerakan publik, operasional usaha, dan kegiatan yang mengumpulkan massa.
 
Sementara Singapura adalah negara di dunia yang menjadi salah satu pusat transit tersibuk di dunia. Salah satunya adalah aktivitas transit bagi penumpang yang menggunakan pesawat. Sebenarnya, Singapura sangat rentan terhadap penyebaran virus yang ditularkan lewat aktivitas manusia. Namun, Singapura tidak memberlakukan sistem lockdown.

"Bentuk perlawanan kami terhadap virus corona adalah upaya nasional, yang dikoordinasi oleh Satuan Tugas Multi-Kementerian (MTF),” kata Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar.

Untuk Taiwan, secara geografis posisi Taiwan cukup dekat dengan Wuhan, pusat penyebaran virus corona pertama di dunia. Namun, pemerintah di Taiwan bisa meredam virus tanpa melakukan lockdown.

Sementara, Indonesia belum menerapkan strategi serupa untuk penanganan virus corona. Di Jakarta, pemerintah baru memberlakukan physical (social) distancing dan pembatasan akses ke tempat hiburan dan tempat wisata di mana warga berpotensi berkumpul. [rmol]