Pelarangan Terbang Sudah Ditetapkan Sejak Februari Lalu, Beberapa Kota Di China Masih Bisa Keluar Masuk Indonesia


GELORA.CO - Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pelarangan masuk dan transit ke Indonesia bagi para pendatang dari Iran, Italia, dan Korea Selatan, terutama bagi mereka yang dalam 14 hari terakhir telah melakukan perjalanan ke sejumlah negara-negara tersebut.  Hal ini merujuk kepada ketentuan dari WHO.

Saat disinggung mengapa hanya tiga negara saja yang masuk dalam pelarangan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, mengatakan tiga negara tersebut adalah penambahan sesuai dengan laporan WHO.

“Tiga negara ini adalah penambahan berdasarkan laporan WHO tentang negara-negara yang banyak mencatat penyebaran kasus dan ada daerah yang dilockdown atau tanda merah,” ujar Teuku Faizasyah ketika dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/3).

Pelarangan penerbangan untuk tiga negara tersebut berlaku mulai 8 Maret 2020 pukul 00.00 WIB, sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Kamis (5/3).

Untuk negara China, sebelumnya Indonesia telah menerapkan pelarangan penerbangan atau  travel ban sejak 5 Februari 2020 dari dan ke China, terutama untuk wilayah epidemic virus corona seperti Wuhan dan Hubei. 

China telah diklasifikasikan menjadi empat warna, yakni hijau, kuning, oranye, dan merah. Wilayah bertanda merah itu antara lain Hubei dan Wuhan. Sementara wilayah lainnya masih berstatus kuning.

“China masih berlaku (pelarangan),” ujar Teuku Faizasyah.

Ia juga menegaskan bahwa sejak diberlakukannya pelarangan penerbangan dari dan ke China, sudah tidak ada lagi penerbangan langsung.

“Direct Flight Indonesia ke RRT dan sebaliknya saat ini hampir tidak ada. Kalau menggunakan penerbangan negara ketiga atau transit, mungkin masih bisa. Itu pun hanya ke beberapa lokasi saja. Seperti Beijing, wilayah itu tidak dilockdown," jelas Faizasyah lagi.

Kantor Berita Politik RMOL mencoba menelusuri jadwal penerbangan ke beberapa wilayah di China, per Jumat (6/3) pukul 07.00 WIB.

Untuk jadwal 7 Maret, terdapat penerbangan dari Jakarta (CKG) ke Guangzhou dengan maskapai Malaysia dengan satu kali transt di Kuala Lumpur.

Begitu juga penerbangan dari Guangzhou ke Jakarta (CKG) tersedia di 7 Maret dengan maskapai Asiana, dan mengalami satu kali transit, melansir sebuah situs perjalanan.

Kemudian terdapat jadwal penerbangan dari Beijing (PKX) ke Jakarta (CKG) di 8 Maret, dengan satu kali transit.

Penerbangan dari Chengdu (CTU) ke Jakarta (CKG) juga masih tersedia di 8 Maret 2020 dengan maskapai Cathay, dan mengalami satu kali transit. (Rmol)

Tidak ada komentar untuk "Pelarangan Terbang Sudah Ditetapkan Sejak Februari Lalu, Beberapa Kota Di China Masih Bisa Keluar Masuk Indonesia"