Penampakan Keindahan Kabah dan Masjidil Haram saat Ditutup


GELORA.CO - Pemerintah dan Kerajaan Arab Saudi telah menutup sejumlah area yang berada di Kota Suci Mekah dan Madinah. Khususnya sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Penutupan beberapa lokasi di sekitar dua masjid besar Umat Islam dunia itu mulai diberlakukan secara bertahap dari Rabu hingga Kamis 4 dan 5 Maret 2020.

Area Kabah, Bukit Safa dan Marwah, lalu area air Zamzam telah ditutup sejak selepas Salat Isya dan dibuka lagi satu jam sebelum Salat Subuh atau Jumat pagi 6 Maret 2020 waktu Indonesia.

Sementara di Kota Madinah, pemerintah menutup area sekitar kamar suci tempat makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabatnya Abu Bakar Siddiq serta Umar bin Khatab.

Selama proses penutupan berlangsung, wajah kedua kota suci itu berubah drastis, yang tadi ramai dan tak pernah kosong dari jemaah dan peziarah umrah, kini benar-benar tampil beda.

Di sekitar Kabah di Masjidil Haram saja contohnya, sejauh mata memandang terlihat hanya hamparan lantai putih hingga bangunan Kabah seutuhnya dapat terlihat.

Memang masih ada orang yang tampak beraktivitas di Kabah, tapi mereka itu semua petugas dari berbagai pihak yang melakukan sterilisasi.

Situs Haramain melalui Twitter resminya menampilkan beberapa foto penampakan suasana Masjidil Haram dan Mekah dari berbagai sisi selama proses penutupan. Dan meski dalam kondisi kosong, lokasi ini benar-benar memancarkan keindahannya.

Berikut foto-fotonya:



Kondisi di kedua kota suci itu memang sedang genting usai mewabahnya virus corna. Apalagi sudah ada satu warga Arab yang positif terjangkit virus mematikan itu.[vv]

Tidak ada komentar untuk "Penampakan Keindahan Kabah dan Masjidil Haram saat Ditutup"