Penegasan Jubir Jokowi, Pendatang Dari China, Iran, Italia, Dan Korsel Dilarang Masuk


GELORA.CO - Pemerintah telah mengumumkan tentang larangan para pendatang atau travelers dari tiga negara masuk ke Indonesia pada Kamis lalu (5/3). Ketiga negara yang dimaksud adalah Iran, Italia, Korea Selatan.

Larangan dimaksudkan untuk mencegah sebaran virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia.

Larangan ini berlaku bagi pendatang yang telah mengunjungi sejumlah kota di negara-negara tersebut. Seperti Teheran, Qom, dan Gilan di Iran. Kemudian Lombardi, Veneto, Emila Romagna, Marche, dan Piedmont di Italia. Sedang di Korea Selatan berlaku bagi Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsanbuk-do.

Namun demikian, sejumlah pihak mengkritisi pengumuman tersebut. Ini lantaran pengumuman tidak menyertakan travelers dari China sebagai yang dilarang, mengingat negara itu merupakan tempat virus corona muncul.

Jurubicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman pun memberi jawaban. Dia menegaskan bahwa larangan untuk China sudah disampaikan lebih dahulu.

“Permenkumhan 7/2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona,” ujarnya mengurai aturan tentang larangan bagi pendatang China, sebagaimana dikutip di akun Twitter pribadinya, Minggu (8/3).

Dia pun menyimpulkan bahwa kini sudah ada empat negara yang dilarang masuk ke Indonesia untuk sementara.

“China, Iran, Italia, Korea Selatan (Khususnya kota-kota tertentu),” ujarnya.(rmol)

Tidak ada komentar untuk "Penegasan Jubir Jokowi, Pendatang Dari China, Iran, Italia, Dan Korsel Dilarang Masuk"