Bantuan Corona Dinilai Tak Adil, PAN: Ratusan Juta Orang Akan Jatuh Miskin

Bantuan Corona Dinilai Tak Adil, PAN: Ratusan Juta Orang Akan Jatuh Miskin

KONTENISLAM.COM - Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi PAN, Yandri Susanto menilai bantuan yang diberikan pemerintah pusat tidak adil dan berpotensi memiskinkan ratusan juta orang.

Yandri menjelaskan, pemerintah kerap berjanji akan memberikan bantuan kepada 15,2 juta orang, baik bantuan tunai, bahan pokok hingga peningkatan bantuan keluarga harapan. Namun dalam kaitannya virus corona, kata Yandri, wabah ini bukan hanya menyerang orang yang tidak mampu, melainkan akan menyerang siapa pun.

Sehingga, Yandri menilai akan banyak orang mampu menjadi miskin lantaran tidak bekerja maupun usahanya terhenti akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tak mendapat jaminan kehidupannya dari pemerintah pusat.

"Tapi ingat bahwa Covid-19 ini bukan menyasar orang-orang yang tidak punya, yang selama ini mereka punya menjadi tidak punya karena kerja enggak ada, kantor banyak tutup, kemudian restoran hotel juga banyak tidak beroperasi. Intinya ekonomi kita lagi down sekali dan bisa minus," ucap Yandri Susanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/4).

"Itu apa artinya? Artinya ratusan juta orang Indonesia berpotensi untuk miskin," sambungnya.

Oleh karenanya, pemerintah diminta untuk melakukan langkah nyata dalam penangan virus corona. Di mana saat ini pemerintah sudah menjalankan kebijakan PSBB.

"Nah kalau pemerintah hanya menangani yang 15 juta atau maksimal 20 juta, maka masih ada ratusan juta yang tidak terlayani dengan baik," tandasnya. (Rmol)

Tidak ada komentar untuk "Bantuan Corona Dinilai Tak Adil, PAN: Ratusan Juta Orang Akan Jatuh Miskin"