Kata Kemendagri soal Walkot Prabumulih Sebut Libur Sekolah Tak Cegah Corona

Kata Kemendagri soal Walkot Prabumulih Sebut Libur Sekolah Tak Cegah Corona

KONTENISLAM.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluruskan terkait video viral Wali Kota Prabumulih, Ridho Yahya yang menyebut tak akan meliburkan sekolah dan PNS di tengah wabah virus Corona. Kemendagri memastikan saat ini Wali Kota Prabumulih sudah ikuti ketentuan pemerintah pusat.
"Itu kayaknya pernyataan yang lama dia diviralkan itu, sudah pernah disampaikan itu, sekarang sudah libur sekolah di sana, itu sudah selesai lah, PNS juga WFH, kerja dari rumah," kata Kapuspen Kemendagri, Bahtiar Baharuddin saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/4/2020).

Bahtiar menjelaskan tiga minggu yang lalu memang pernyataan itu sempat dikatakan oleh Ridho. Namun, menurutnya itu kesalahan karena daerah saat itu masih meremehkan wabah Corona.

"Khusus Prabumulih waktu itu kan belum ada kejadian apa-apa, waktu itu salah ini aja kali, awalnya kan COVID-19 ini dianggapnya bagi masyarakat dan daerah kan biasa-biasa aja kan, belum banyak yang tahu," ucap Bahtiar.

Bahtiar memastikan saat ini hampir seluruh daerah sudah mengikuti peraturan pemerintah pusat. Bahkan, menurutnya wilayah Sumatera Selatan sendiri 3 minggu lalu sempat diberi arahan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.


"Pak Menteri itu hari 3 minggu yang lalu ke Sumatera Selatan, dikumpulkan bupati wali kota dan gubernur. Di situ langsung diarahkan Pak Menteri, pak Wali Kota waktu itu juga sudah arahkan liburkan sekolah juga, PNS juga WFH," ujarnya.

Seperti diketahui media sosial dihebohkan oleh video viral Wali Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Ridho Yahya yang mengatakan tak akan meliburkan sekolah dan PNS di masa wabah COVID-19.

Dalam video viral berdurasi 2,33 menit itu terlihat Ridho diwawancarai oleh wartawan. Saat disinggung rencana meliburkan anak sekolah dan PNS, Ridho memberi jawaban cukup mencengangkan.

"Aku tanya sekarang, dengan libur, apakah libur sekolah penyakit tidak ada? Penyakit Corona tak ada? Coba apa ada penelitian, libur anak sekolah penyakit ini berkurang, Corona berkurang," kata Ridho.

Menurut Ridho, manusia tidak perlu takut terhadap penyakit, melainkan harus menghadapinya. Sebab, penyakit atau wabah COVID-19, walaupun dihindari, akan tetap terjadi.(detik)

Tidak ada komentar untuk "Kata Kemendagri soal Walkot Prabumulih Sebut Libur Sekolah Tak Cegah Corona"