Penerima Kartu Prakerja Dapat Rp3,5 Juta, Begini Skemanya

Penerima Kartu Prakerja Dapat Rp3,5 Juta, Begini Skemanya

KONTENISLAM.COM - Program Kartu Prakerja yang mulai dibuka pendaftarannya pada Minggu dini hari (12/4) ini bakal memberikan Rp 3,5 juta kepada setiap penerima insentif. Tak semua dana diberikan dalam bentuk tunai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, salah satu bentuk bantuan sosial ini diberikan kepada 164 ribu pendaftar yang lolos di gelombang pertama.

"Bantuan pelatihan lewat Program Kartu Prakerja akan diberikan satu kali kepada satu orang. Supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak. Dan setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000," terangnya melalui teleconference bersama awak media, Sabtu malam (11/4).

Untuk skema penyalurannya, menurutu politikus Partai Golkar ini, akan dibagi menjadi beberapa tahap.

Tahap pertama, penerima Kartu Prakerja akan diberikan Rp 1 juta untuk menjalani program pelatihan di sejumlah platform digital, yang ditunjuk sebagai tempat pelatihan para penerima.

Sisanya sebanyak Rp 2,4 juta bakal ditransfer ke rekening penerima secara berkala dalam tempo 4 bulan. Besaran manfaat yang diterima adalah Rp 600 ribu per bulan per penerima.

Insentif akan dilaksanakan atau ditransfer melalui rekening bank atau e-wallet, Link Aja, OVO, atau Go Pay milik peserta," ucap Airlangga Hartarto.

Tak hanya itu, penerima juga akan mendapat insentif setiap kali mengisi survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu, untuk 3 kali survei. Sehingga total manfaat yang akan didapat penerima program Kartu Prakerja ini mencapai Rp 3.550.000. (rmol)

Tidak ada komentar untuk "Penerima Kartu Prakerja Dapat Rp3,5 Juta, Begini Skemanya"