Vietnam vs Corona: Nol Korban Jiwa, Penerbangan Segera Dibuka

Vietnam vs Corona: Nol Korban Jiwa, Penerbangan Segera Dibuka

KONTENISLAM.COM - Pertarungan Vietnam melawan virus Corona nampaknya akan segara berakhir secara bertahap. Otoritas Vietnam melaporkan tak ada korban jiwa akibat virus Corona di negeri itu. Penerbangan pesawat domestik di negara itu akan segara dibuka.
Dua maskapai Vietnam akan mulai mengoperasikan kembali penerbangan domestik, pekan depan. Hal ini bisa terjadi karena perintah social distancing selama 15 hari dari pemerintah Vietnam, untuk membatasi penyebaran virus Corona, telah berakhir.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (11/4/2020), sejak akhir Maret lalu, otoritas Vietnam memerintahkan pembatasan untuk penerbangan domestik dan memberlakukan social distancing secara nasional untuk membatasi penyebaran virus Corona.

Sejauh ini, 257 orang dinyatakan positif virus Corona di Vietnam. Belum ada satupun korban meninggal akibat virus Corona di negara ini.

Dalam pernyataan terbaru, maskapai Bamboo Airways menyatakan penerbangan domestik akan kembali beroperasi pada Kamis (16/4) mendatang.

"Rute Hanoi-Ho Chi Minh City akan kembali beroperasi mulai 16 April, sedangkan rute-rute lainnya akan kembali beroperasi mulai 20 April," demikian pernyataan Bamboo Airways.

Dalam pernyataan terpisah, maskapai VietJet juga mengumumkan bahwa penerbangan rute domestik akan mulai beroperasi pada Kamis (16/3) mendatang, namun para calon penumpang diperingatkan bahwa jadwal masih bisa berubah lagi.

Awal pekan ini, Wakil Kementerian Kesehatan Vietnam, Nguyen Thanh Long, menyarankan agar penerapan social distancing diperpanjang. Saran ini masih dalam pertimbangan pemerintah Vietnam.

Pada pekan lalu otoritas Vietnam melaporkan tidak ada kasus baru virus Corona hingga Selasa (7/4) pagi waktu setempat. Saat itu total 245 orang positif terinfeksi virus Corona di Vietnam dan tanpa ada laporan kematian.

Seperti dilansir Vietnam News dan The Star, Selasa (7/4/2020), otoritas Vietnam sebelumnya juga melaporkan tidak ada kasus baru pada Minggu (5/4) waktu setempat. Namun pada Senin (6/4) malam, ada laporan empat kasus baru di negara itu. Total kasus virus Corona di Vietnam saat ini mencapai 245 kasus.

Dari laporan saat itu, sebanyak 153 kasus atau sekitar 62,5 persen merupakan warga negara Vietnam yang baru kembali dari luar negeri. Sekitar 62 kasus lainnya berkaitan dengan sebuah cluster penularan di Rumah Sakit Bach Mai di Hanoi.

Sedangkan sebanyak 95 pasien telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Laporan media lokal VN Express menyebut sekitar 18 pasien lainnya akan dipulangkan dari rumah sakit pada Selasa (7/4) waktu setempat.

Hingga kini, otoritas Vietnam masih melaporkan nol kematian akibat virus Corona di wilayahnya. Atau dengan kata lain, belum ada korban meninggal akibat virus Corona di negara ini.

Menurut Komisi Nasional Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, saat ini ada tiga pasien dalam kondisi serius di rumah sakit, dengan dua pasien di antaranya harus memakai ventilator dan menjalani dialisis.[detik]